Indra Feriza

Laki-laki, 16 tahun

Bandar Lampung, Indonesia

Tidak ada yang salah dengan apa yang kamu lakukan selama itu tidak melanggar aturan
Start
Aku Bangga Jadi Anak Indonesia
Shutdown

Navbar3

Cari Blog Ini

Sabtu, 08 Februari 2014

Karya Animasi Mahasiswa Universitas Surabaya, dengan Tema Danau Toba

Sebuah karya animasi 3D persembahan dari mahasiswa multimedia ini dibuat sebagai final project dari mata kuliah Animasi 3D di Jurusan Teknik Informatika Program Studi Multimedia Universitas Surabaya. Sedangkan tema cerita, yaitu Legenda Danau Toba dipilih karena keprihatinan terhadap cerita-cerita rakyat Indonesia yang semakin dilupakan. Oleh karena itu, legenda ini "dihidupkan" kembali dalam format yang baru, yaitu Animasi 3D.


Tim yang berpartisipasi dalam pembuatan ini adalah 4 orang yang terdaftar sebagai mahasiswa Teknik Informatika Universitas Surabaya Program Studi Multimedia. Aries I. Pranata, Irine Gravina, Jefferson S. Lijadi, dan Michael R. H. Mereka adalah para mahasiswa yang sudah dibekali ilmu dalam dunia Multimedia seperti  Animasi 2D/3D, Film, Desain dan Komunikasi Visual, dan Pemrograman. Dengan kata lain, mereka adalah mahasiswa yang memang adalah expertise di bidangnya.

IMGA9MFRa3354_toba1

Konsep dasar dari animasi ini adalah menghidupkan kebudayaan Batak Toba, Sumatera Barat. Danau Toba ini dipilih karena ceritanya relatif cukup terkenal di masyarakat. Selain itu, danau Toba ini juga memiliki nilai budaya dan estetika yang dapat menarik wisatawan untuk datang. Intinya, animasi ini bukanlah sekedar animasi biasa, tetapi memiliki nilai tambah sehingga dapat digunakan untuk promosi Indonesia.
Dalam animasi ini, ditampilkan keindahan budaya bangsa Indonesia, khususnya suku Batak Toba, Sumatera Barat, misalkan ulos, pakaian adat dan aksesorisnya, rumah Gadang, dan beberapa kebiasaan orang di sana. Jadi, animasi ini dapat digunakan sebagai media promosi danau Toba.

IMGA9MFS46707_toba2
Kesuksesan mereka dalam pengerjaan tugas ini menghadiahkan mereka kesempatan untuk mengikuti ajang kompetisi yang berskala nasional, yakni kompetisi INAICTA 2010. Dengan mengikuti lomba ini mereka berharap untuk lebih mengasah kemampuan mereka di dalam dunia animasi. Event ini juga akan dimanfaatkan oleh mereka sebagai salah satu referensi untuk melihat sudah sejauh mana progress untuk dunia animasi di Indonesia.

Karya animasi ini yang diberi judul “Toba” membuktikan bahwa mahasiswa Teknik Informatika prodi Multimedia mampu dan handal dalam membuat animasi 3D. Karya mereka tidak kalah dibandingkan dengan karya animasi 3D lain yang dibuat oleh studio animasi. Dengan keberhasilan memperoleh angka maksimal pada mata kuliah animasi 3D, diharapkan akan muncul karya-karya hebat lainnya dari mahasiswa Universitas Surabaya.

 SUMBER

 

0 komentar: