Tim yang
berpartisipasi dalam pembuatan ini adalah 4 orang yang terdaftar sebagai
mahasiswa Teknik Informatika Universitas Surabaya Program Studi
Multimedia. Aries I. Pranata, Irine Gravina, Jefferson S. Lijadi, dan Michael R. H. Mereka adalah para mahasiswa yang sudah dibekali ilmu dalam dunia Multimedia seperti Animasi
2D/3D, Film, Desain dan Komunikasi Visual, dan Pemrograman. Dengan kata
lain, mereka adalah mahasiswa yang memang adalah expertise di
bidangnya.
Konsep
dasar dari animasi ini adalah menghidupkan kebudayaan Batak Toba,
Sumatera Barat. Danau Toba ini dipilih karena ceritanya relatif cukup
terkenal di masyarakat. Selain itu, danau Toba ini juga memiliki nilai
budaya dan estetika yang dapat menarik wisatawan untuk datang. Intinya,
animasi ini bukanlah sekedar animasi biasa, tetapi memiliki nilai tambah
sehingga dapat digunakan untuk promosi Indonesia.
Dalam
animasi ini, ditampilkan keindahan budaya bangsa Indonesia, khususnya
suku Batak Toba, Sumatera Barat, misalkan ulos, pakaian adat dan
aksesorisnya, rumah Gadang, dan beberapa kebiasaan orang di sana. Jadi,
animasi ini dapat digunakan sebagai media promosi danau Toba.
Kesuksesan
mereka dalam pengerjaan tugas ini menghadiahkan mereka kesempatan untuk
mengikuti ajang kompetisi yang berskala nasional, yakni kompetisi
INAICTA 2010. Dengan mengikuti lomba ini mereka berharap untuk lebih
mengasah kemampuan mereka di dalam dunia animasi. Event ini juga akan
dimanfaatkan oleh mereka sebagai salah satu referensi untuk melihat
sudah sejauh mana progress untuk dunia animasi di Indonesia.
Karya
animasi ini yang diberi judul “Toba” membuktikan bahwa mahasiswa Teknik
Informatika prodi Multimedia mampu dan handal dalam membuat animasi 3D.
Karya mereka tidak kalah dibandingkan dengan karya animasi 3D lain yang
dibuat oleh studio animasi. Dengan keberhasilan memperoleh angka
maksimal pada mata kuliah animasi 3D, diharapkan akan muncul karya-karya
hebat lainnya dari mahasiswa Universitas Surabaya.
SUMBER
SUMBER
0 komentar: